Widgets

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Ketika kita ingin membeli sebuah kamera DSLR bekas/Secondhand, kita akan dibingungkan dengan berbagai pilihan kamera yang ada di pasaran. Ditambah lagi tanpa pengetahuan yang baik tentang kamera. Diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam memilih dan menentukan kamera yang akan dibeli masih layak pakai atau tidak.

Saat ini bursa jual beli kamera bekas sudah sangat banyak ditawarkan melalui situs penjualan online, atau si pemilik kamera nya yang menawarkan langsung melalui laman media sosial pribadinya.

Belum lagi kita akan bertanya-tanya apakah kualitas kameranya masih dalam kondisi yang baik dan minim cacat. Karena kita tidak pernah tahu riwayat pemakaian kamera yang akan kita beli tersebut pada saat dipakai oleh pemilik lamanya.

Bagi yang sudah mengerti dan akrab dengan kamera, tentunya tidak akan kesulitan ketika akan membeli kamera bekas. Tetapi bila kita belum berpengalaman, kita bisa meminta bantuan teman kita yang lebih mengerti atau bisa juga dengan membaca tips dari saya ini. 

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas


Berikut ini tips membeli kamera DSLR bekas :

1. Tanyakan pada teman yang lebih berpengalaman 

Jika sobat memiliki teman yang telah berpengalaman di bidang dunia photograpy, sobat bisa bertanya langsung pada teman sobat bagaimana kriteria kamera bekas yang berkualitas dan masih layak pakai. Atau bisa juga sobat mengajaknya melihat langsung  barang yang akan di beli.

2. Cobalah cari informasi sebanyak-banyakya

Selain cara pertama ada lagi cara yang sangat efektif untuk mencari informasi tentang kamera DSLR yang kita butuhkan, coba sobat kunjungi situs yang membahas tentang photograpy di internet atau dapat berkunjung langsung ke situs resmi dari merk kamera yang diinginkan, masuk ke forum atau grup pecinta photograpy dan sejenis lainnya. Atau bisa juga dengan melihat katalog ataupun majalah yang membahas tentang photograpy. 

3. Datangi langsung penjualnya atau Cash on delivery/COD 

Untuk menghindari beli kucing dalam karung, atau menghindari penipuan ada baiknya sobat langsung bertemu dengan si penjual kamera. Sobat  bisa langsung memegang dan mencoba kameranya.

4. Tanyakan kelengkapan dan garansinya

Pada saat akan membeli kamera, kita bisa menanyakan langsung apa saja kelengkapan dari kamera yang akan kita beli. Meskipun bekas tidak ada salahnya kita menanyakan perlengkapan tersebut agar menambah nilai plus pada kamera yang akan kita beli. Jika kita membeli kamera bekas di toko yang menjual khusus kamera bekas, kita juga bisa menanyakan garansi dari toko tersebut atau bila kita membeli langsung pada penjual perorangan buatlah perjanjian dengannya. 

5. Lakukan tes pada fungsi kamera
  • Cek auto fokus pada kamera, pada kamera lakukan penekanan pada tombol shutter kamera pastikan motornya lensanya masih berfungsi dengan baik jika sudah tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya batalkan saja.
  • Cek juga tombol pada body kamera apakah masih lengkap dan berfungsi dengan baik
  • Cek lensa, jika anda membeli disertai lensa bawaannya cek juga fungsinya dan apakah terdapat jamur atau tidak ada pada lensa tersebut. Karena lensa yang berjamur mempengaruhi hasil pada gambar. pastikan juga fitur-fiturnya masih bekerja. 
  • Tes pixelnya, lakukan penjepretan lalu liat hasilnya pada layar LCD kamera
  • Cek juga jumlah shutter count nya ini bisa ditanyakan langsung pada penjualnya, jika terlalu ribet untuk mengeceknya karena harus menggunakan software khusus. Dengan mengetahui jumlah shutter count kita akan mengetahui seberapa sering kamera yang akan kita beli digunakan.
6. Perhatikan sensor kamera

apakah sensor kamera dalam kondisi bersih tidak ada noda kotoran atau mungkin jamur yang menempel.

7. Cek bentuk fisik atau body kamera

Perhatikan dengan seksama, lihat bagian-bagian kamera apakah ada bekas terjatuh atau cacat fisik lainnya, karena itu sangat berpengaruh pada kondisi mesin yang ada di dalammnya. lalu cek juga slot memory apakah masih berfungsi dengan baik, flash internalnya apakah juga masih berfungsi, dan pastikan karet-karet yang ada pada body kamera masih kuat dan bagus.

Demikianlah tips membeli kamera DSLR bekas dari saya, semoga bermanfaat  

Terima kasih sudah berkunjung ke bolg saya yang sangat sederhana ini

Salam Satu Jiwa .....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli Kamera DSLR Bekas "

Post a Comment